Kooliah : Sahabat Terbaik Temukan Passionmu


Seiring dengan perkembangan teknologi di zaman yang serba modern ini, kita sebagai manusia secara tidak sadar perlahan ikut terbawa arus mengikuti perkembangan tersebut. Salah satu bukti perkembangan zaman yang sudah semakin kentara dan nyaris mengambil alih banyak hal dalam kehidupan manusia yaitu perkembangan dalam dunia digital. Ya, coba kita lihat saat ini apa yang tidak bisa dilakukan dengan mengandalkan kemajuan digital yang begitu pesat ini?

Kemajuan digital membawa arus perubahan yang cukup deras dalam gaya hidup masyarakat saat ini, mulai dari hal gaya hidup, mode berpakaian, bahkan hingga dunia pendidikan. Ya, pendidikan kini memiliki sistem pembelajaran baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi digital saat ini. Kini, kita tidak perlu lagi harus mengantre lama untuk meminjam buku- buku diperpustakan, kita tidak harus membawa buku- buku pelajaran yang begitu tebal, dan lain sebagainya. Inilah kemudahan yang ditawarkan oleh sistem pendidikan digital atau biasa dikenal dengan istilah E-Learning.




E-learning (Electronic Learning) merupakan sebuah cara baru dalam dunia pendidikan yang memanfaatkan media elektronik khususnya internet dalam sistem pembelajarannya. E-Learning memungkinkan kita untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas. Kita dapat berada di Semarang, sementara “instruktur” dan pelajaran yang kita ikuti berada di tempat lain, di kota lain bahkan di negara lain. Interaksi ini dapat dijalankan secara on-line dan real-time ataupun secara off-line atau archieved.



E-learning ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan sistem pembelajaran yang tradisional diantaranya :

- Materi Lebih mudah diserap dengan menggunakan fasilitas multimedia berupa gambar, teks, animasi, suara, video.

- Efektif Biaya artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu minimum audiensi, bisa dimana saja dan kapan saja,

- Ringkas, artinya tidak banyak formalitas kelas, langsung pada pokok bahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.

- Tersedia 24 jam/hari – 7 hari/minggu, artinya penguasaan materi tergantung pada semangat dan daya serap kita, bisa dimonitor, kita uji dengan e-test.

E-learning kini sudah banyak merambah ke berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga tingkat perguruan tinggi. Nah, dalam kasus perguruan tinggi E-learning ini dapat membantu kita dalam menentukan perguruan tinggi serta jurusan mana yang paling cocok sesuai dengan minat atau passion kita, sehingga ketika proses pembelajaran telah berjalan tidak ada lagi keluhan sebab telah salah memilih jurusan, tidak nyaman dengan jurusan yang dipilih, sehingga ini akan berdampak pada keberlangsungan pembelajaran kita ini.

Pada dasarnya memang menentukan masa depan yang terbaik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Hal tersebut biasanya terjadi bagi kita yang baru saja lulus dari tingkat SMA / SMK Sederajat. Biasanya masa depan yang diinginkan itu bergantung dengan skill yang akan kita kuasai kelak. Oleh sebab itulah kita yang baru lulus tersebut akan sedikit kebingungan dalam menentukan universitas mana yang tepat, jurusan apa yang akan diambil, akan melanjutkan kemana, dan lain sebagainya.

Bahkan mungkin banyak kasus akibat salah memilih jurusan yang mungkin tidak sesuai dengan passion kita "aduh, saya salah ambil jurusan nih!". Oleh sebab itu sebaiknya kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu jurusan apa yang akan kita tuju.

Memilih Jurusan Kuliah Dapat Melalui Berbagai Macam Cara

Dalam menentukan jurusan studi saat kuliah memang dapat ditentukan dengan berbagai macam cara. Kali ini kita mulai dari menentukan kualitas, biaya, pendapat dari para alumnas universitas, hingga dengan prospek ke depannya setelah lulus dari jurusan studi yang kita pilih nanti. Sekarang ini sudah masuk era informasi, dimana kita sebagai pengguna di masyarakat dapat mencari informasi yang diharapkan dengan mudah melalui perkembangan teknologi. Kemudahan tersebut dapat kita gunakan untuk memilih jurusan studi yang akan ditentukan agar kita tidak merasa salah mengambil jurusan studi.


Apa Yang Menjadi Faktor Penting Dalam Menentukkan Jurusan Kuliah?

Sebenarnya hal apa sajakah yang sebaiknya perlu untuk diketahui dalam rangka menetukan jurusan studi kuliah yang ideal bagi kita? Nah, untuk menjawab hal tersebut, kita dapat menyimak ulasan berikut ini :



1. Kemampuan di Bidang Tersebut

Pastikanlah kita memilih jurusan studi kuliah di bidang yang kita kuasai. Janganlah kita mengambil resiko besar dalam jurusan hanya karena masalah gengsi dan hal - hal konyol lainnya. Jika dari awal kita sudah kepayahan dalam hal tersebut maka kita akan berakhir di 3 pilihan yaitu jika tidak mati muda, cepat tua, ya cepat botak! Yah namanya juga makan hati.




Jika kita memiliki keahlian dan minat di bidang teknologi jangan ragu untuk mengambil jurusan sistem informasi atau elektronik. Dengan memilih jurusan studi yang sesuai dengan kemampuan kita, tentu akan senang dalam menjalani hari - hari masa kuliah. IP tinggi pun akan cenderung mudah didapat sebab kita memang memiliki kemampuan di bidang tersebut.


2. Ketertarikan dan Minat

Begitu banyak orang yang mengambil jurusan studi kuliah didasarkan pada prospek kerja di masa depan oleh jurusan studi tersebut. Namun, kita tidak boleh lupa bahwa hal yang paling penting dan mendasar dalam menentukan pilihan jurusan studi kuliah adalah minat dan ketertarikan kita terhadap bidang tersebut. Jika kita memiliki ketertarikan akan bidang tersebut maka sepusing - pusingnya kita, kita tetap akan menikmatinya dan merasa senang sekaligus bangga.


Dengan begitu maka penguasaan materi pun akan terasa mengalir, dan hasilnya saat kita sudah lulus, kita akan menjadi lulusan yang menguasai teori bidang tersebut dengan baik. kompeten dalam implementasi praktek, siap bersaing secara global, serta memiliki minat ketertarikan yang besar akan bidang tersebut. Nothing to lose, isn't it?


3. Faktor Uang

Ini bisa jadi merupakan faktor yang tidak bisa kita sangkal. Sebaiknya kita harus perhitungkan masalah uang dalam memilih jurusan studi kuliah. kita harus menghitung kira - kira apakah sanggup dengan biaya kuliah di universitas tersebut. Terlebih lagi jika memilih untuk kos, maka biaya hidup di kos tentu harus dipertimbangkan juga.


Namun, kita juga harus tahu bahwa faktor uang bukanlah segalanya! Jangan sampai karena faktor uang, kita menutup diri dari minat dan panggilan jiwa terhadap jurusan studi tersebut. kita bisa mencari kemungkinan beasiswa dari jurusan yang akan kita pilih tersebut. Uang dan ilmu, tetaplah lebih penting ilmu!


4. Komitmen

Ini juga sebaiknya kita masukkan dalam aspek pertimbangan dalam memilih jurusan studi kuliah. Pertanyaan yang harus kita jawab adalah seberapa jauhkah kita berkomitmen terhadap jurusan studi kuliah tersebut.


Apakah kita cukup yakin untuk mengorbankan waktu kuliah demi mempelajari ilmu tersebut? Apakah kita cukup sabar dalam menyelesaikan jurusan studi kuliah yang kita pilih hingga memperoleh sarjana? Pastikanlah kita akan selalu berkomitmen sebelum menentukkan jurusan.


5. Nilai-Nilai Yang kita Anut

Maksud dari nilai - nilai yang kita adalah nilai - nilai yang berhubungan dengan sosial, kemanusiaan, dan religius. Mungkin istilahnya adalah panggilan jiwa. Mungkin saja kita memiliki panggilan hidup untuk menolong anak - anak yang tergolong kurang mampu sehingga putus sekolah, maka tidak ada salahnya kita mengambil jurusan untuk menjadi seorang guru.



Jika kita memimpikan peningkatan kualitas hutan di Indonesia, kita bisa mengambil jurusan ilmu kehutanan. Atau mungkin kita memiliki panggilan hidup untuk menolong sesama dalam rangka menolong nyawa orang sakit di daerah yang kurang mampu, kita dapat mengambil jurusan kedokteran.


6. Waktu dan Aspek-Aspek Praktikal Lainnya

Setiap jurusan tentu saja memiliki rentang waktu yang berbeda - beda untuk menyelesaikan suatu studi. Misalnya saja jika kita ingin menjadi seorang dokter, kita diharuskan kuliah dan praktek setidaknya 5 tahun sebelum dapat bekerja sebagai dokter profesional.



Nah, faktor waktu ini perlu dipertimbangkan juga dengan faktor usia kita dan tentu saja dengan target - target kita di masa depan nanti. Contohnya saja kapan kita akan menikah. ataukah bekerja, hidup mapan, serta berbagai hal lainnya.


7. Masukan Dari Orang Lain

Kita dapat meminta pendapat dan masukkan dari orang lain mengenai jurusan studi kuliah yang nantinya akan kita ambil. Mereka akan memberikan masukkan mengenai baik dan buruknya bidang studi kuliah tersebut.



Mungkin saja orang yang kita minta pendapatnya tersebut dapat melihat lebih jeli mengenai kelebihan - kelebihan yang kita miliki dibandingkan dengan diri kita sendiri. Cobalah untuk menyelaraskan pendapat tersebut dengan minat dan tujuan kita.


8. Pertimbangan-Pertimbangan Spiritual dan Agama

Nilai spiritual dan agama tentu saja merupakan unsur dan faktor yang penting di dalam masyarakat di Indonesia. lalu apa hubungannya dengan memilih jurusan kuliah yang tepat? Begini, dalam kasus tertentu bisa saja jurusan yang hendak kita ambil dengan kualitas yang terbaik berada di Universitas yang dinaungi oleh lembaga keagamaan yang berbeda dengan kepercayaam kita. Ini bisa saja menimbulkan konflik batin dalam diri kita.



Dalam kasus tertentu bisa saja berakibat pada hubungan sosial masyarakat! Walaupun memang kemungkinannya kecil karena Indonesia memiliki toleransi beragama yang cukup.


9. Situasi Global Internasional, Nasional, dan Lokal

Kita harus menyadari dimana masa kita hidup saat ini. Bidang apakah yang sekiranya dibutuhkan saat zaman ini? Apa jurusan yang sekiranya akan menjanjikan prospek hidup nyaman? Pertimbangkan juga kita ini hidup di negara mana? Kota mana? Contoh di negara Indonesia biasanya para pekerja IT kurang dihargai dan dituntut serba bisa!



Sebaiknya kita mencari di forum - forum yang membahas pengalaman orang yang bekerja pada bidang yang kita inginkan. Pandai - pandai memprediksi sekiranya jurusan apa yang nantinya akan dibutuhkan dan memberikan kontribusi vital.


 10. Gunakan Aplikasi Kooliah

Sebentar, ini masalah jurusan kuliah kok malah nyambung ke aplikasi? Yap, memang ada hubungannya kok. Di jaman yang serba canggih ini, dimana teknologi smartphone maupun komputer sudah bukan hal yang tersier lagi, melainkan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Tentu hal ini mendorong banyak kalangan generasi emas bangsa untuk berlomba- lomba mengembangkan inovasi- inovasi dalam bentuk aplikasi smartphone dan sejenisnya sehingga dapat memudahkan aktifitas penggunanya.



Salah satu karya anak bangsa yang cukup menjanjikan yaitu diluncurknnya sebuah aplikasi smartphone yang bernama Kooliah. Ya seperti namanya, Kooliah ini adalah aplikasi yang memang telah dirancang khusus untuk membantu kita mengenal lebih dalam seperti apa jurusan kuliah yang kita inginkan. Nah, inilah alasan mengapa aplikasi Kooliah ini saya masukan dalam 10 Tips memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan skill atau passion kita. Untuk mengenal lebih jauh tentang aplikasi Kooliah, yuk simak ulasan berikut ini :

Aplikasi yang dibuat oleh Citra Waras Developer ini dirancang khusus untuk memudahkan kita dalam memilih bidang atau jurusan yang sesuai dengan passion kita. Yang mana aplikasi ini dapat kita unduh langsung ke smartphone kita melalui Google Playstore. Dengan fitur- fitur dalam aplikasi kooliah yang meliputi :



1. Try Out di jurusan kuliah berupa penjelasan materi dari mentor.

Yap. ini dapat membantu kita dalam memilih jurusan yang ingin kita tuju , serta kita dapat memperoleh gambaran seberapa sulit soal yang akan kita hadapi jika ingin melanjutkan ke perguruan serta jurusan yang kita idamkan.


 2. Video & Materi kuliah langsung dari mentor yang dapat kita download kapanpun.



Ini akan memudahkan kita dalam proses pembelajaran, sebab selain secara online kita juga dapat mengunduh langsung materi maupun video kuliah langsung dari mentornya untuk kita simpan selanjutnya kita pelajari secara offline. Hmmm.. enak bukan ?


3. Kita dapat request materi serta soal kuliah jurusan yang ingin kita pelajari.




Disamping mendapatkan materi yang telah tersedia di database Kooliah, kita juga dapat merequest materi perkuliahan yang ingin kita pelajari loh. Tentu ini sangat membantu kita dalam proses menemukan jurusan terbaik kita.


4. Soal- soal latihan tersedia langsung dalam aplikasi.

Kita dapat langsung mencoba menjawab soal- soal yang telah tersedia didalam aplikasi Kooliah. Hal ini akan dapat menambah pengetahuan serta referensi bagi kita dalam menentukan jurusan yang tepat sesuai dengan passion kita.

Dan juga kita dapat menikmati layanan terbaik dari Aplikasi mungil ini diantaranya :




1. Discussion



Melalui layanan ini kita dapat berdiskusi langsung dengan mahasiswa terbaik dari jurusan favorit kita, sehingga kita dapat memperoleh sedikit gambaran tentang jurusan yang ingin kita tuju.


2. Study Trials

Selain itu, dengan layanan Study Trials ini kita berkesempatan untuk mencoba model perkuliahan di jurusan favorit kita


3. Scholarships



Kita dapat meningkatkan keahlian untuk mendapatkan dana dari lembaga penyedia beasiswa, tentu ini sangat menguntungkan.


4. Study Needs

Kita juga dapat menemukan berbagai layanan untuk meningkatkan perkembangan studi selama kuliah seperti konsultasi jurnal, konfrens, seminar, dan lain-lain.


Nah, selanjutnya bagaimana sih cara kerja dari Kooliah ini? 




1. Kita hanya perlu registrasi dan memilih bimbingan yang kita inginkan

2. Selanjutnya kita dapat berkonsultasi dan mencoba perkuliahan singkat dari mentor

3. Jika kita memang berbakat, kita akan berpeluang untuk memperoleh beasiswa dari lembaga penyedia beasiswa

4. Disamping itu, kita juga berkesempatan memperoleh reward loh dari Kooliah.


Jadi bagaimana? banyak sekali hal baik yang kita dapatkan kan? sudah dapat ilmunya dapat pula beasiswa serta reward gratis dari Kooliah.


Bagaimana cara menggunakan Aplikasi Kooliah di Smartphone kita?



Pertama, kita harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Kooliah ini melalui Google PlayStore. Setelah terunduh kita buka Aplikasi Kooliah dan melakukan pendaftaran.


Kedua, kita login sesuai data yang telah didaftarkan tersebut, selanjutnya kita dapat belajar serta menggunakan berbagai fitur pembelajaran yang lainnya dari Kooliah, untuk membantu kita dalam menemukan jurusan apa yang paling tepat untuk kita tuju nantinya.



Terakhir, kita sudah dapat menjawab soal- soal yang telah disediakan dalam aplikasi Kooliah ini. Disamping itu kita juga dapat menggunakan fitur- fitur keren loh dari Kooliah seperti request materi, unduh materi, dan lain sebagainya. O,ya selain soal terdapat juga presentasi powerpoint yang telah disediakan oleh Kooliah sehingga ini dapat memudahkan kita dalam memahami mataeri yang akan kita pelajari.

Aplikasi Kooliah ini sangat ringan sizenya, serta sangat mobile friendly dalam hal tampilan antarmukanya. Terlebih lagi jika smartphone yang kita gunakan adalah Zenfone 2 laser ( ZE601KL). Yap, didukung tampilan layar berukuran 6" beresolusi 1080x1920 pixel dengan kepadatan 367. Serta menggunakan panel IPS LCD tentu ini akan membuat kita leluasa dalam mengoperasikan Kooliah didalam Smartphone kita.



Dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh, sangat pas untuk menyokong layar lebar dan Full HD di Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL. Setidaknya hal ini cukup kuat untuk diajak beroperasi seharian tanpa harus mengisi ulang baterai kembali. Diotaki dengan Snapdragon 616 besutan Qualcomm.

Yang mana chipset tersebut disusun atas empat inti cortex-A53 berkecepatan 1.7 Ghz dan empat inti Cortex-A53 berkecepatan 1.2 Ghz.Hl ini membuat pengoperasian aplikasi standar seperti Kooliah, WhatsApp, Gmail, Instagram, Twitter, YouTube, dan Facebook, Zenfone 2 Laser bisa dibilang sangat cukup. Sebab Asus Z ZE601KL sudah memiliki memori RAM 3 GB serta kapasitas penyimpanan 32 GB.



Nah, dengan berbagai spesisifikasi yang begitu memadai, Asus ZE601KL ini sangat tepat untuk menunjang aktifitas belajar serta kuliah kita bersama dengan Aplikasi Kooliah.


Mungkin cukup demikian yang dapat saya bagikan, semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat, terlebih lagi dapat dijadikan referensi bagi sahabat yang masih kebingungan mengenai jurusan kuliah yang akan dituju nantinya. Harapan kedepannya, kita dapat memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion dan bakat kita, sehingga kita dapat enjoy menikmati perkuliahan kita untuk masa depan yang lebih baik.


- Terimakasih -







Artikel ini diikutsertakan dalam Kooliah Blog Competition


poster_kompetisi_blog


Terima kasih sudah berkomentar