Fakta Pertanian Indonesia Yang Mencengangkan

 

Forum Dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id - Indonesia orang bilang tanah surga, ya ini bisa dikatakan benar .Sebab tanah Indonesia merupakan tanah yang sangat subur dimana berbagai macam tanaman dapat tumbuh subur disini. Bahkan mereka bilang tanam tongkat tumbuh pohon sebab saking suburnya tanah di negeri kita ini.

Dengan kondisi tanah yang seperti ini tentunya sangat menguntungkan jika diimbangi dengan pengelolaan dan pemanfaatan yang baik. Di Indonesia sendiri mata pencaharian masyarakat kita sebagian besar adalah bercocok tanam, maka dengan kondisi alam yang menguntungkan ini seharusnya ini merupakan peluang besar untuk kita dalam memaksimalkan hasil pertanian sehingga harapan kedepannya dapat berkontribusi salah satunya dalam hal membantu Negara menjadi negara yang mandiri pangan dan bukan bergantung pada impor.


Fakta Pertanian Indonesia Saat Ini


Bagaimana Keadaan Pertanian Indonesia Saat Ini ? Kondisi pertanian di Indonesia, kini terasa cukup memprihatinkan. Di mana Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris (negara yang maju pertaniannya), sekarang malah mengimpor makanan pokoknya dari negara lain. Padahal sebenarnya rakyat dan bumi kita yang tercinta ini masih dapat memenuhi kebutuhan beras untuk makan kita sehari-hari. Bukan hanya beras tetapi hasil pertanian lain pun mengalami nasib yang demikian. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Faktor-faktor yang menyebabkan pemerintah Indonesia harus mengimpor beras serta hasil pertanian lainnya salah satunya yaitu akibat meningkatnya jumlah penduduk yang semakin tidak terkendali. Dengan banyaknya jumlah penduduk, maka makanan pokok yang dibutuhkan pun juga begitu banyak, sehingga hasil pertanian dalam negeri tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.

Selain itu faktor cuaca juga menentukan seberapa banyak hasil panen dalam bertani. Cuaca yang tidak menentu, seperti pergeseran musim hujan dan musim kemarau menyebabkan petani kesulitan dalam menetapkan waktu yang tepat untuk mengawali masa tanam, dengan benih beserta pupuk yang digunakan sehingga tanaman yang ditanam mengalami pertumbuhan yang tidak wajar dan mengakibatkan gagal panen.

Peristiwa seperti ini sering terjadi di hampir setiap daerah di Indonesia dan membuat petani yang miskin semakin miskin karena kegagalan panen tersebut. Diharapkan pemerintah juga memperhatikan nasib para petani yang sama memprihatinkannya dengan kondisi pertaniannya. Semestinya adanya penyuluhan dan pembekalan pengetahuan tentang pertanian kepada petani itu perlu dilakukan demi Memajukan Sektor Pertanian Indonesia
.
Seperti bagaimana cara bertanam yang bersahabat dengan alam dan menggunakan teknologi sehingga bertani memberikan banyak keuntungan dibandingkan dengan kerugiannya, namun teknologinya pun yang tidak membahayakan alam. Dan itu berlaku untuk kita semuanya, yaitu mengambil keuntungan tanpa merusak alam. Sehingga adanya keserasian dan keseimbangan alam pun terjaga, dan kita bisa hidup sejahtera. Dan juga memberikan jaminan hidup petani, dimana petani dapat memelihara alat pertaniannya dan dalam bertani pun dapat dilakukan denngan lancar.

Masih ada beberapa faktor lagi yang membuat Indonesia harus mengimpor beberapa hasil pertanian utamanya beras, seperti lahan pertanian yang semakin sempit. Kemajuan teknologi dan merabaknya industri di Indonesia membuat pertanian yang menggunakan metode sederhana ini semakin memudar keberadaanya. Persawahan yang membentang luas di tiap daerah kini mulai terkikis tergantikan pabrik-pabrik yang mungkin kurang bersahabat dengan alam. Semestinya adanya pembatasan pendirian industri sehingga laju perkembangan industri dan pertanian berjalan dengan seimbang. Sehingga penggunaan barang industri dan hasil pertanian cukup untuk memakmurkan rakyat.

Namun faktanya , di Negara agraris ini, di Negara yang tanahnya subur ini, masyarakat kita masih kesulitan memanfaatkan alam dalam hal untuk membantu memaksimalkan hasil pertanian, ini bisa disebabkan karena kurang seimbangnya praktek di lapangan dengan ilmu yang dimiliki, kebanyakan masyarakat kita bercocok tanam seadanya berdasarkan ilmu yang mereka tahu.

Dalam hal ini maka diperlukan penyuluhan- penyuluhan atau sosialisasi tentang pentingnya penguasaan ilmu dalam hal pertanian sebelum melakukan praktek dilapangan agar hasil yang diperoleh dapat maksimal dan menguntungkan.









Di era yang serba digital ini , seharusnya kita sadar, bukan hanya menunggu ilmu itu datang melainkan kita juga harus mencari ilmu tersebut. Zaman sekarang ini semua serba dimudahkan, begitu juga dalam mencari informasi tentang pertanian yang nantinya dapat menambah pengetahuan kita dalam bercocok tanam. Baik itu melalui website, blog, Forum , maupun yang lainnya.

Dari beberapa pilihan tersebut, Forum adalah pilihan yang tepat jika kita ingin berbagi, sharing informasi, bertanya – jawab, ataupun yang lainnya, karena didalam forum kita dapat terhubung dengan banyak orang yang memiliki minat dan kebutuhan yang sama dengan kita. Misal jika kita minat bercocok tanam maka kita harus bergabung ke dalam forum yang juga membahas tentang bercocok tanam atau Forum Pertanian.



Berbicara tentang Forum pertanian ,maka disini saya sangat merekomendasikan sahabat untuk bergabung dengan Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia yaitu Agroteknologi.web.id


Apa itu Agroteknologi.web.id 

Agroteknologi.web.id adalah sebuah website dan juga forum pertanian yang didalamnya menyajikan berbagai informasi yang membahas seputar ilmu bercocok tanam, tips bercocok tanam yang baik dan benar, tips mengelola tanah, informasi mengenai manfaat dan kandungan dari suatu tanaman, dan lain sebagainya. Disamping itu juga kita dapat sharing- sharing, tanya jawab, atau berbagi pengalaman dengan sahabat lain melalui forum Agroteknologi.web.id. Selain ilmu yang membahas tanaman , kita juga akan mendapatkan tambahan ilmu yang membahas tentang ternak hewan , pengelolaan kotoran hewan untuk pupuk organik, dan lain sebagainya.




Sungguh begitu banyak manfaat yang akan sahabat dapatkan jika bergabung dengan forum dan komunitas pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id mulai dari ilmu budidaya tumbuhan, cara pengelolaan tanah, pembasmian hama, hingga penggunaan teknologi dalam pertanian. Dengan ilmu yang kita dapat ini harapan kedepannya semoga kita dapat menerapkannya dalam praktek dilapangan sehingga kita dapat meraih hasil maksimal dari pertanian yang tentunya sangat menguntungkan baik untuk kita pribadi, masyarakat sekitar, dan juga bagi Bangsa dan Negara kita ini. Sehingga negeri kita tercinta ini bisa menjadi negeri makmur pengekspor pertanian terbesar di dunia. Sehingga dalam waktu dekat, banyak produk-produk hasil pertanian inovatif yang akan lahir dari bangsa ini. Dalam waktu dekat, neraca ekspor pertanian Indonesia akan jauh melebihi neraca impornya. Negara-negara lain akan bergantung pada hasil pertanian Indonesia. Indonesia akan mengendalikan harga produk pertaniannya di negara lain. Hasil pertanian Indonesia akan sangat berharga di negara lain. Aamiiin


Untuk bergabung dengan Agroteknologi.web.id langsung saja menuju link pendaftaran klik disini 


Terima Kasih 

Semoga Bermanfaat


Tag : Agroteknologi.web.id , Forum Pertanian, Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id 


Terima kasih sudah berkomentar